Jumat, 08 Mei 2020

Workshop Online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)

Assalamualaikum wr.wb. Salam Sehat, Salam Belajar :)
Bismillah, sebelum saya membagikan postingan terkait dengan mata pelajaran IPS, terlebih dahulu saya ingin menjelaskan terkait dengan SAGUSABLOG 40 secara singkat. Blog ini saya buat sebagai salah satu bentuk pelatihan IGI yaitu SAGUSABLOG 40. 
Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi guru yang diinisiasi tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali. Klub Guru Indonesia secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009. IGI fokus pada peningkatan kompetensi guru. Terkait peningkatan kompetensi guru ini, IGI menyelenggarakan berbagai kegiatan workshop, salah satunya yaitu SAGUSABLOG 40.

SAGUSABLOG merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI). SAGUSABLOG pertama kali dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 6 s/d 10 Oktober 2016 dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli). SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) bertujuan mengajak Guru di seluruh Indonesia untuk belajar bersama membuat media pembelajaran berbasis blog, sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak lagi terbatas dengan jarak dan waktu.
SAGUSABLOG membuka workshop online menggunakan sarana chating melalui aplikasi telegram, dibantu dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta workshop online walaupun belajar mandiri dirumah masing-masing. Selain Workshop Online, SAGUSABLOG juga sering mengadakan kegiatan workshop live di beberapa daerah di Indonesia dengan mendatangkan pelatih-pelatih SAGUSABLOG Nasional.
Workshop ini berisi bagaimana cara membuat Media Pembelajaran Berbasis Blog Kelas Dasar. Materi yang diambil dari modul dasar Membuat Blog (karya Mr. Mung) ini berjumlah enam (6) Modul. Modul 1 terkait dengan "Membuat blog guru dengan engine Blogger", modul 2 terkait dengan "Mendesain template Blog Guru", modul 3 terkait dengan "Mendesain header Blog Guru", modul 4 terkait dengan "Mengelola dan menghias Blog Guru", modul 5 terkait dengan "Mengelola dan membuat menu", dan modul 6 terkait dengan "Membuat dan mengelola Soal Online".
Pada pelatihan SAGUSABLOG ini saya tergabung ke dalam kelas 40-AE yang berjumlah 17 peserta dari berbagai daerah. Saya berharap nantinya di akhir pelatihan, saya dan teman-teman yang tegabung di kelas 40-AE ini bisa lulus dan memperoleh sertifikat workshop (34 jam). Tentunya sertifikat ini dapat dinilaikan dalam pengajuan angka kredit pengembangan diri. Selain itu, saya berharap dengan adanya blog ini sebagai hasil dari pelatihan SAGUSABLOG dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat memanfaatkan blog ini sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Aamiin..
Terima kasih atas perhatian pembaca dan bantuan para mentor SAGUSABLOG 40, terkhusus untuk mentor kelas 40-AE. Mari belajar bersama, mari bergabung dalam pelatihan SAGUSABLOG. Daftarkan diri Anda menjadi bagian dari Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Makassar, 8 Mei 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar