SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 2 Kota Makassar
Mata Pelajaran : IPS TERPADU
Kelas : VIII (Delapan)
- KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia
dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia
(teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
·
Kondisi geografis Negara-negara
ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan
fauna) melalui peta rupa bumi
·
Potensi Sumber Daya Alam (jenis
sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·
Sumber Daya Manusia
-
jumlah, sebaran, dan komposisi;
-
pertumbuhan;
-
kualitas (pendidikan, kesehatan,
kesejahteraan
-
keragaman etnik (aspek-aspek
budaya
·
Interaksi antarruang (distribusi
potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
·
Dampak interaksi antarruang
(perdagangan, mobilitas penduduk)
|
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
|
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda
terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
· Pengaruh interaksi sosial
(mobilitas sosial) terhadap kehidupan sosial budaya.
· Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat
Indonesia.
· Konflik dan integrasi.
|
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
|
3.3 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan
penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi
kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.
|
·
Keunggulan
dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi.
·
Permintaan
dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi
·
Pengaruh
interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di Indonesia
dan ASEAN
·
Kegiatan
perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor).
·
Upaya
mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur.
·
Mengembangkan
alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat.
|
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang
dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap
interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan
negara-negara ASEAN
|
|
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang
(geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa
penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
|
·
Kedatangan
bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia.
·
Perubahan
dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial,
budaya) masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
·
Munculnya
organisasi pergerakan dantumbuhnya semangat kebangsaan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar