Jumat, 08 Mei 2020

Silabus Mata Pelajaran IPS Kelas 8


SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : MTs Negeri 2 Kota Makassar
Mata Pelajaran              : IPS TERPADU
Kelas                             : VIII (Delapan)
Kompetensi Inti           :

  • KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  • KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Materi
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
·   Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
·   Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·   Sumber Daya Manusia
-      jumlah, sebaran, dan komposisi;
-      pertumbuhan;
-      kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
-      keragaman etnik (aspek-aspek budaya
·         Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
·         Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
·      Pengaruh interaksi sosial  (mobilitas sosial) terhadap kehidupan sosial budaya.
·      Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia.
·      Konflik dan integrasi.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang  pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3.3 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN.
·      Keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi.
·      Permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi
·      Pengaruh interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di Indonesia dan ASEAN
·      Kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor).
·      Upaya mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur.
·      Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat.
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
·   Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia.
·  Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya)  masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.
·  Munculnya organisasi pergerakan dantumbuhnya semangat kebangsaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar