RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 2 Kota Makassar
Mata
Pelajaran : IPS
TERPADU
Kelas/Semester
: VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Pengaruh interaksi
sosial terhadap kehidupan sosial dan budaya
Alokasi
Waktu : 6 Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli,
dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
·
Memahami interaksi sosial sebagai salah satu
faktor yang mempengaruhi kondisi kehidupan sosial budaya.
·
Mengidentifikasi pengaruh mobilitas sosial
terhadap budaya
·
Mengidentifikasi penyebaran mobilitas sosial
·
Memahami konsep pluralitas
·
Memaparkan beberapa contoh perbedaan agama,
budaya, suku bangsa dan pekerjaan yang dapat bersumber dari media atau
kehidupan di sekitar
·
Mengidentifikasi pluralitas kehidupan sosial
budaya masyarakat Indonesia
·
Menyebutkan beberapa konflik sosial yang
pernah terjadi di Indonesia
·
Memaparkan faktor-faktor yang dapat
mengakibatkan terjadinya konflik
·
Mengemukakan strategi mengatasi permasalahan
konflik sosial
·
Mengemukakan upaya-upaya mencegah terjadinya
konflik sosial
|
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan
sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
|
·
Menyajikan karya tulis tentang pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya
·
Menyajikan karya tulis tentang pluralitas
kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia
·
Menyajikan karya tulis terkait permasalahan
konflik sosial dan cara mengatasinya
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami interaksi sosial sebagai salah satu faktor
yang mempengaruhi kondisi kehidupan sosial budaya.
·
Mengidentifikasi pengaruh mobilitas sosial terhadap
budaya
·
Mengidentifikasi penyebaran mobilitas sosial
·
Memahami konsep pluralitas
·
Memaparkan beberapa contoh perbedaan agama, budaya,
suku bangsa dan pekerjaan yang dapat bersumber dari media atau kehidupan di
sekitar
·
Mengidentifikasi pluralitas kehidupan sosial budaya
masyarakat Indonesia
·
Menyebutkan beberapa konflik sosial yang pernah
terjadi di Indonesia
·
Memaparkan faktor-faktor yang dapat mengakibatkan
terjadinya konflik
·
Mengemukakan strategi mengatasi permasalahan konflik
sosial
·
Mengemukakan upaya-upaya mencegah terjadinya konflik
sosial
·
Menyajikan karya tulis tentang pengaruh interaksi
sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya
·
Menyajikan karya tulis tentang pluralitas kehidupan sosial
budaya masyarakat Indonesia
·
Menyajikan karya tulis terkait permasalahan konflik
sosial dan cara mengatasinya
D.
Materi
Pembelajaran
• Pengaruh interaksi
sosial (mobilitas sosial) terhadap
kehidupan sosial budaya.
• Pluralitas (agama, budaya,
suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia.
• Konflik dan integrasi.
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (4 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN
LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Konsep dan contoh interaksi sosial dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Konsep dan contoh interaksi sosial
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Konsep dan contoh interaksi sosial untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Konsep dan contoh interaksi sosial
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep dan contoh interaksi
sosial
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian
materi Konsep dan contoh interaksi sosial oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang
materi :
|
||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN
LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati
dengan seksama materi Konsep dan contoh interaksi sosial yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Konsep dan contoh interaksi sosial yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Konsep dan contoh interaksi sosial yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep dan contoh interaksi sosial yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Konsep dan contoh interaksi sosial
|
|||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
Mencatat
semua informasi tentang materi Konsep dan contoh interaksi sosial yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Konsep dan contoh interaksi sosial sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling
tukar informasi tentang
materi :
|
||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Konsep dan contoh interaksi sosial yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep dan contoh interaksi
sosial
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
antara
lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Konsep
dan contoh interaksi sosial berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep dan contoh interaksi sosial dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Konsep
dan contoh interaksi sosial yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Konsep dan
contoh interaksi sosial
|
|||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Konsep dan
contoh interaksi sosial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Konsep dan contoh interaksi sosial yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Konsep dan
contoh interaksi sosial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan :
Selama pembelajaran Konsep dan contoh
interaksi sosial berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konsep dan contoh interaksi sosial yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Konsep dan contoh interaksi sosial yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Konsep dan contoh interaksi
sosial
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Konsep dan contoh interaksi sosial kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar