RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MTs Negeri 2
Kota Makassar
Mata
Pelajaran : IPS TERPADU
Kelas/Semester
: VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Perubahan
keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN
Alokasi
Waktu : 12 Minggu x 4
Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
· Menyebutkan negara-negara
yang termasuk dalam Negara ASEAN
· Memahami letak dan luas
negara-negara ASEAN
· Memahami kondisi iklim dan
geologis negara-negara ASEAN
· Memahami rupa bumi, tata
asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
· Memahami flora dan fauna
negara-negara ASEAN
· Memahami konsep sumber daya
alam
· Menyebutkan berbagai jenis
sumber daya alam yang ada di sekitar
· Menyebutkan berbagai jenis
sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
· Menjelaskan penyebaran
sumber daya alam di darat dan di laut
· Memahami konsep Sumber Daya
Manusia
· Menjelaskan jumlah,
sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
· Menjelaskan pertumbuhan
sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
· Menjelaskan konsep kualitas
sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
· Memahami berbagai etnik
yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
· Menjelaskan kondisi saling
bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
· Menjelaskan distribusi
potensi wilayah Negara-negara ASEAN
· Memahami dampak positif dan
negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
· Memahami dampak positif dan
negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
|
4.1
Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
|
· Membuat peta negara ASEAN
· Membuat peta penyebaran
sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
· Menyusun galery gambar
berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
· Membuat karya tulis
mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN
· Membuat karya tulis dengan
topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar Negara-Negara ASEAN”
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menyebutkan
negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
2.
Memahami
letak dan luas negara-negara ASEAN
3.
Memahami
kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
4.
Memahami
rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
5.
Memahami
flora dan fauna negara-negara ASEAN
6.
Memahami
konsep sumber daya alam
7.
Menyebutkan
berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
8.
Menyebutkan
berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
9.
Menjelaskan
penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
10.
Memahami
konsep Sumber Daya Manusia
11.
Menjelaskan
jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
12.
Menjelaskan
pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
13.
Menjelaskan
konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
14.
Memahami
berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
15.
Menjelaskan
kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang
di ASEAN;
16.
Menjelaskan
distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
17.
Memahami
dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
18.
Memahami
dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
19.
Membuat
peta negara ASEAN
20.
Membuat
peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
21.
Menyusun
galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
22.
Membuat
karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN
23.
Membuat
karya tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar
Negara-Negara ASEAN”
D.
Materi
Pembelajaran
·
Kondisi
geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata
air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
·
Potensi
Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
·
Sumber
Daya Manusia
- jumlah, sebaran,
dan komposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas
(pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
- keragaman etnik
(aspek-aspek budaya
·
Interaksi
antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
·
Dampak
interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar
penilaian
·
LCD
Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop
& infocus
G.
Sumber Belajar
·
Buku
IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku
refensi yang relevan,
·
Lingkungan
setempat
|
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (4 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan
Inti ( 130 Menit )
|
|||
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Letak, luas
dan iklim Negara-negara ASEAN
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi
Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Letak, luas dan
iklim Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Letak, luas dan
iklim Negara-negara ASEAN oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi
Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku
teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Letak, luas dan iklim Negara-negara
ASEAN yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Letak, luas dan
iklim Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang
materi Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Letak,
luas dan iklim Negara-negara ASEAN sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari materi
Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa
soal mengenai materi Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang
materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN
yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Letak, luas dan
iklim Negara-negara ASEAN
|
||
●
|
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
|
|
|
|
2.
|
Pertemuan
Ke-2 (4 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran
yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara
ASEAN dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi Kondisi geologis dan rupa
bumi Negara-negara ASEAN untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan
membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi Kondisi geologis dan rupa
bumi Negara-negara ASEAN yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan
dan pemahaman tentang materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara
ASEAN yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kondisi
geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh
dalam buku paket mengenai materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara
ASEAN
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang materi Kondisi geologis
dan rupa bumi Negara-negara ASEAN yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kondisi geologis dan rupa
bumi Negara-negara ASEAN sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari materi Kondisi geologis dan rupa
bumi Negara-negara ASEAN yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan
tentang materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi
tentang materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentanag materi Kondisi geologis
dan rupa bumi Negara-negara ASEAN dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Kondisi
geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN
|
||
●
|
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara
ASEAN kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
|
|
|
|
3.
|
Pertemuan Ke-3 (4 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran
yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
|
|
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN dengan
cara :
|
||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah
dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan Tata air dan tanah Negara-negara
ASEAN
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan
dan pemahaman tentang materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang
sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Tata air
dan tanah Negara-negara ASEAN yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh
dalam buku paket mengenai materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang materi Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari materi Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan
tentang materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi
tentang materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan tentanag materi Tata air dan
tanah Negara-negara ASEAN dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang
akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN yang
baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Tata air dan
tanah Negara-negara ASEAN
|
||
●
|
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar